Minggu, 01 April 2012

Seminyak, Bali: A view from my view finder

Seminyak Beach
 Suatu saat saya menyempatkan diri untuk mampir dan tinggal di kawasan seminyak. Saya sekeluarga menginap di sebuah hotal tidak jauh dari pantai. Hanya sekitar 100m dari bibir pantai. Lokasi hotel kami tinggal di area Doublesix street. Sungguh menyenangkan, cukup strategis, tidak jauh dari pantai, tidak juga jauh dari tempat makan dan hangout di malam hari.

Pantai seminyak sendiri merupakan kawasan yang cukup panjang, memanjang dari ujung area Legian, hingga kearah Kerobokan. Pantai yang dikelola oleh Desa Adat Seminyak tersebut panjangnya sekitar 2km. Kawasan Seminyak mempunyai pasir yang relatif gelap namun halus dan landai dengan ombak yang cukup besar. Bila air sedang surut, pantainya akan menyisakan genangan air tipis yang terlihat seperti minyak atau kaca. Sebuah pemandangan yang menarik. Ombaknya cukup besar, walau tidak sebesar di area Uluwatu atau area sekitar Dreamland. Namun ukuran ombak tersebut cukup ideal bila anda seorang pemula atau cukup mahir untuk menikmati surfing di area tersebut.
Bagi anda yang ingin belajar berselancar, ada beberapa tempat yang memberikan pelatihan surfing bagi pemula. Termasuk yang didukung oleh perusahaan-perusahaan besar multinasional. Bila budget tidak mencukupi, mungkin anda bisa memilih memakai kelompok tutor lokal.Harganya silahkan negosiasi sendiri.
Bila anda bukan pencinta surfing, Seminyak mempunyai berkah lain selain pasir yang lembut dan ombak yang pas buat surving, kawasan ini diberkahi dengan pemandangan sunset yang indah. Salah satu dari 5 pantai dengan sunset terindah selain Kuta, Legian, Jimbaran, dan Uluwatu. Pemandangan sunset yang indah dari langit, ditambah pantulan dari lapisan air tipis di atas pantai membuat kawasan ini berbeda dengan kawasan lainnya. Jadi kawasan ini menjadi pilihan lain bila anda ingin sekedar duduk diatas pasir menikmati sunset. Atau bila budget anda sedikit berlebih, anda bisa memilih tempat-tempat hangout seperti Potatohead atau W. Resto and Lounge dengan kolam renang dan akses langsung ke pantai menjadi keistimewaan tersendiri bagi pengunjung tempat tersebut. Termasuk tentu saja makanan dan minuman yang lezat yang anda bisa pesan.
Selawat matahari tenggelam, kawasan seminyak berubah menjadi lebih sepi. Hanya beberapa area yang aktif dengan cafe-cafe pinggir pantai. Ada beberapa tempat seperti Coccoon maupun LaVIda Loca aktif sampai lewat tengah malam.
Untuk mencari makan, banyak resto yang bisa anda akses dari kawasan Seminyak. Misalnya Warung Made maupun the Haven. Berbagai restoran dan warung makan dengan mudah anda temukan selain dua yang telah disebutkan sebelumnya. Demikian juga Butik dan tempat berbelanja. Anda bisa temukan dijalan penghubung Kuta hingga Kerobokan.
Buat saya pribadi, Seminyak mungkin lebih menarik dari pada Kuta. Walau tentu tiap orang punya pendapatnya sendiri-sendiri.













Source:
  1. NI WAYAN PUTU ARTINI DAN dan IGAA LIES ANGGRENI: http://ejournal.unud.ac.id/abstrak/%2810%29%20soca-artini-desan%20adat%281%29.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar