Kamis, 22 Maret 2012

Sunda Kelapa, a place with a view



Reflection
Sunda Kelapa merupakan salah satu pelabuhan tua yang ada di Jakarta. Mungkin pelabuhan ini setua umur kota Jakarta sendiri. Saat ini pelabuhan ini dipenuhi oleh kapal-kapal phinisi (Bugis Schooner) yang berlayar menghubungkan berbagai pulau dan kota pelabuhan di Indonesia. Kapal-kapal phinisi tersebut tidak hanya mengangkut hasil bumi, tetapi juga berbagai keperluan industri dan pembangunan seperti semen, tiang-tiang kerangka baja, dan sebagainya.

Saat sandar di Pelabuhan Sunda Kelapa, kapal-kapal phinisi tersebut tidak hanya melakukan proses bongkar muat, tetapi juga melakukan berbagai hal lain seperti perbaikan kapal, penyediaan kebutuhan ABK, dan lain sebagainya. Berbagai kegiatan tersebut, ternyata memunculkan kesibukan tersendiri. Aktivitas bongkar muat melibatkan ABK, kuli angkut, supir truk, dan berbagai kendaraan angkutan besar maupun kecil. Selain kesibukan tersebut, ternyata banyak juga hal menarik yang bisa kita lihat. Kehidapan sehari-hari para ABK yang kapalnya sedang sandar, para pedagang asongan yang berkeliling, ojek sepeda yang siap mengantarkan penumpangnya keseluruh area sekitar pelabuhan, hingga para pemilik sampan yang aktif menawarkan jasa berkeliling perairan pada turis-turis yang datang.
Bagi para penggemar fotografi, kondisi tersebut akan selalu menarik perhatian untuk terus di eksplorasi.  sudah Tidak akan pernah habis bahan untuk digali dari berbagai sudut untuk ditampilkan dalam sebuah karya fotografi. Foto-foto saya mungkin bukan karya yang cukup baik, tetapi saya menunjukkan ke kawan-kawan sekalian, bahwa ada salah satu sudut kota Jakarta yang cukup menarik untuk dijadikan objek foto. Bagi yang sudah sering mengunjungi kawasan tersebut, mungkin teman-teman bisa melakukan riset lebih dalam, sehingga mampu menghasilkan hal yang berbeda dari orang-orang yang baru mengunjungi kawasan tersebut.
Sementara bagi teman-teman yang hanya senang berwisata, mungkin kalian bisa mengunjungi kawasan ini dan berkeliling dengan sampan mengunjungi daerah-daerah yang tidak terlihat kalau hanya dari kawasan pelabuhan.











  • Ps: Bagi anda yang berminat menggunakan foto-foto ini, bisa menghubungi email saya di acepabdullah@yahoo.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar