Kamis, 21 Oktober 2010

Memarahi murid

Pernah saya diberi tahu untuk mengencourage murid2 saya dibandingkan saya memarahi mereka. Bila nilai jelek, jangan dimarahi, katanya di encourage aja. Supaya anak tidak cepet down dan semangat lagi.
Memang menarik, tetapi menurut saya, marah itu tetap perlu. Karena kebayang kan, murid melakukan pelanggaran aturan, trus di encourage. Apa yg musti saya encourage, pelanggarannya atau di encourage supaya ga melanggar. Kalo saya encourage pelanggarannya, maka murid itu akan semakin baik. Kalo saya encourage untuk tidak melanggar, kadang beberapa murid cukup kepala batu. Saya tidak tahu berapa lama akan sabar. Saya si cukup ngerti yang nyaranin saya, karena dia bukan guru dan dia menitipkan pendidikan anaknya ke orang lain yang profesinya bernama guru.

Kadang saya berpikir, apa orang tersebut tahan ya kalo suruh menghadapi ratusan anak setiap hari dengan berbagai karakter, dan terus meng encourage setiap hari. Waduh, saya bisa saingan ma dewi kwan im deh (dewi kesabaran dalam legenda cina). Ha ha ha...
Guru juga manusia, ga cuma rocker doang yg ngaku manusia. Jadi adakalanya mudah marah dalam kondisi tertentu. Asal jangan keseringan lah, nanti cepat kena serangan jantung... wakakakakk,,,,
Tapi, jangan diambil pusing lah lanturan saya ini, namanya juga lanturan....He he he he...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar